Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode dan Manfaat Menghafal Al-Qur`an (1)

Betapa besar keutamaan orang yang menghafal Al-Qur`an. Dan ini di antara metode menghafal Al-Qur`an yang bisa anda lakukan.
Bismillahirrahmanirrahiim
Rabbi Zidnaa 'Ilman Warzuqna Fahman Amiin ...

"Sebenarnya (Al-Qur`an) itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada orang-orang yang berilmu. Hanya orang-orang yang zhalim yang mengingkari ayat-ayat Kami."

(al-'Ankabuut [29]: 49)

Mantapkan Tujuan
Mengapa saya menghafal Al-Qur`an? Pertanyaan ini wajib Anda tujukan kepada Anda sendiri sebelum Anda memulai menghafal Al-Qur`an. Upayakan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, "Saya menghafal Al-Qur`an karena cinta kepada Allah, berharap akan ridha-Nya, dan agar beruntung mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat."
Jika itu tujuan Anda menghafal Al-Qur`an, Anda telah menempuh separuh perjalanan menghafal Al-Qur`an. Upayakan untuk duduk dan merenung tentang faidah dan manfaat menghafal Al-Qur`an, dan bagaimana Al-Qur`an dapat mengubah kehidupan Anda sebagaimana ia telah mengubah kehidupan orang-orang yang telah menghafalnya sebelum anda.

Anda juga harus meyakini bahwa Allah akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk menghafal Al-Qur`an. Allah swt. telah berjanji di dalam Firman-Nya,
"Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur`an untu peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?" (al-Qamar [54]: 17)
Optimalkan Waktu
Pekerjaan yang harus Anda lakukan hari ini, jangan Anda tunda ke esok hari. Usia itu sangat pendek. Tidak dapat diketahui kapan seseorang itu akan meninggal dunia. Karena itu, mulai saat ini segeralah mengambil keputusan untuk menghafal Al-Qur`an. Jangan biarkan waktu dan usia Anda berlalu tanpa Anda gunakan membaca Al-Qur`an dan mengamalkan ajarannya. Pada hari Kiamat, Allah akan mempertanyakan waktu yang Anda gunakan. Ketika itu, Anda akan menyesali setiap waktu yang tidak Anda gunakan untuk mengingat Allah, atau tidak membaca Kitab-Nya, atau tidak melakukan sesuatu untuk agama Islam.

Lepaskan Rasa Takut dan Gangguan Kejiwaan
Sebagian peneliti menegaskan, setiap ayat Al-Qur`an memiliki kekuatan yang unik untuk menyembuhkan. Beberapa eksperimen membuktikan, orang yang hafal Al-Qur`an lebih jarang tertimpa penyakit, terutama penyakit kejiwaan, daripada orang yang tidak hafal Al-Qur`an. Karena itu, ketika Anda mulai menghafal Al-Qur`an, Anda merasa baru dilahirkan.  Bersediakah Anda memulai proyek ini yang dapat mengubah kehidupan anda?

Fase-fase Menghafal Al-Qur`an dengan Mudah
1.    Mulai menghafal dari surah yang Anda sukai dan Anda yakini mudah untuk Anda hafal.
2.    Dengarkan surah yang Anda hafal sebanyak sepuluh atau dua puluh kali.
3.    Buka Al-Qur`an untuk melihat surah yang Anda hafal. Anda pasti merasa familiar dan lebih mudah menghafal surah itu karena surah itu sudah terekam di dalam sel-sel otak Anda setelah Anda sering mendengar surah itu.
4.    Surah yang akan Anda hafalkan diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok.
5.    Mulai dengan membaca kelompok ayat pertama, diulang-ulang hingga hafal.

6.    Kemudian baca berulang-ulang kelompok ayat kedua hingga hafal. Setelah itu gabungkan kelompok ayat pertama dan kelompok ayat kedua dalam bacaan Anda hingga benar-benar Anda hafal
Metode dan Manfaat Menghafal Al-Qur`an (2) Insya Allah update di posting yang akan datang.

Umar Abdul Aziz
Umar Abdul Aziz Hanya seorang Bloger biasa yang fakir ilmu. Alumni Ponpes Ma’had El-Wihdah, dan sekarang mengabdi di Ponpes Markaz Syariah

1 komentar untuk "Metode dan Manfaat Menghafal Al-Qur`an (1)"

  1. Terima kasih atas informasinya, sangat informatif dan bermanfaat. Jangan lupa kunjungi website Universitas Islam Negeri Walisongo: walisongo.ac.id

    BalasHapus
UmarHuseini
Ahlan Wa Sahlan! Selamat Datang di Blog Saya! Setelah membaca postingan saya, saya harap anda meninggalkan jejak dengan memberi komentar dan masukan. Syukran...
TUTUP