Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Penyebab Bahaya Memakai Pakaian Ketat

Pakaian ketat selain bukan tradisi Islam, juga ada hikmah di baliknya.
Rabbi Zidnaa 'Ilman Warzuqna Fahman Amiin

Islam memberikan aturan yang mulia terkait pakaian wanita. Agar wanita menutup aurat secara sempurna dengan pakaian yang tidak transparan dan tidak ketat.
Namun sekarang, banyak wanita memakai pakaian ketat bahkan sangat ketat. Padahal di balik larangan Islam itu, ada banyak hikmah yang baru ditemukan melalui serangkaian penelitian.

Berikut ini 10 bahaya memakai pakaian ketat seperti dilansir Tribunnews:

1. Paresthesia
Celana ketat sepinggul dapat menimbulkan penyakit paresthesia. Demikian pernyataan Dr Malvinder Parmar dari Timmins & District Hospital, Ontario, Kanada. Paresthesia adalah perasaan sakit seperti kesemutan, panas seperti terbakar dan sejenisnya.
Parmar menuliskan di Canadian Medical Association Journal, bahwa dalam setahun terakhir ia memiliki cukup banyak pasien yang menderita paresthesia. Di antaranya ada sejumlah pasien wanita yang mengeluhkan panas dan gatal di sekitar paha akibat memakai celana ketat.
Hasil penelitian Parmar juga menunjukkan gangguan saraf ringan menjangkiti pasien wanita akibat memakai celana ketat.

2. Jamur
dr. Kusmarinah Bramono Sp.KK dari RSCM menemukan bahwa semua jenis pakaian ketat berpotensi menimbulkan tiga macam gangguan kulit. Menurutnya, hal itu disebabkan faktor kelembaban yang membuat jamur berkembang biak.

3. Bekas Hitam
Pakaian ketat, terutama celana berbahan kontur keras, mengakibatkan gesekan dengan kulit. Selain menimbulkan kelembabab yang memungkinkan ancaman jamur, juga bisa mengakibatkan luka akibat gesekan.
Menurut dokter Bramono, mungkin awalnya cuma radang ringan, namun lama kelamaan gesekan kain dan kulit itu bisa menimbulkan bercak hitam.
Hasil pengamatan Bramono,banyak pasien tidak menyadari, biduran dapat juga disebabkan oleh tekanan serta ketatnya pakaian.

4. Kanker Melanoma
Wanita yang berpakaian ketat, umumnya hanya bagian tubuh tertentu tertutup dengan ketat sedangkan bagian tubuh lainnya terbuka. Misalnya para wanita yang memakai celana ketat sepinggul atau mengenakan hot pants. Penelitian ilmiah baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang berpakaian ketat berpotensi menderita berbagai penyakit kanker ganas melanoma di sekujur tubuh yang terbuka.
Kanker Melanoma adalah kanker kulit yang sangat berbahaya, dan kanker ini biasanya di mulai dengan tanda hitam pada kulit, atau tahi lalat.
5. Kemandulan
Pakaian ketat ternyata juga dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Disebutkan bahwa pada cuaca dingin, pakaian ketat tidak berfungsi menjaga suhu tubuh dari serangan hawa dingin. Akibatnya, dapat membahayakan kondisi rahim.


6. Mengganggu motilitas usus
Dr Octaviano Bessa dari Stamford, Connecticut menambahkan, penggunaan celana yang terlalu ketat dapat mengganggu motilitas dari usus. Seseorang yang merasa sakit perut dua atau tiga jam setelah makan kemungkinan terserang ganguan ini. Sebagiannya diakibatkan oleh celana ketat.

7. Memicu pembekuan pembuluh darah
Pakaian ketat juga dapat mengganggu gerakan tubuh yang kemudian memicu timbulnya pembekuan darah di dalam pembuluh darah, membuat aliran darah terganggu. Akibatnya, timbullah varises dan gangguan semacamnya.

8. Merusak kesuburan
Hasil penelitian di John Bull (Inggris) menemukan seseorang yang memakai pakaian ketat selama bertahun-tahun dapat mengidap endometriosis. Yaitu gangguan yang sering mengakibatkan gangguan kesuburan pada wanita.
Selain itu, pakaian ketat khususnya celana memicu keringat berlebih di daerah kewanitaan sehingga jamur mudah berkembang biak.

9. Menghambat oksigen tubuh
Sejumlah wanita yang memakai pakaian ketat seperti korset, bustier dan spandek dapat mengalami gangguan paru-paru akibat kesulitan mengembangkan organ itu saat memakai pakaian ketat. Nafas pun jadi berat dan suplai oksigen berkurang.

10. Menaikkan asam lambung
Pakaian ketat juga berpotensi menaikkan cairan asam lambung. Hal ini terjadi tekanan yang terlalu besar pada bagian perut.

     Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam Bish-Showaab

Umar Abdul Aziz
Umar Abdul Aziz Hanya seorang Bloger biasa yang fakir ilmu. Alumni Ponpes Ma’had El-Wihdah, dan sekarang mengabdi di Ponpes Markaz Syariah

Posting Komentar untuk "10 Penyebab Bahaya Memakai Pakaian Ketat"

UmarHuseini
Ahlan Wa Sahlan! Selamat Datang di Blog Saya! Setelah membaca postingan saya, saya harap anda meninggalkan jejak dengan memberi komentar dan masukan. Syukran...
TUTUP