Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperkuat Daya Ingatan dan Hafalan

رباط تريم لتدريس العلوم الدينية والعربية
Bismillah... Walhamdu Lillah... Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaah...

Daya ingatan dan daya menghafal pada hakikatnya adalah anugerah dari Allah Swt.. Misalnya dalam menghafal Al-Qur`an, ada sebagian orang yang mampu menghafal setengah juz dalam satu hari. Ada juga yang mampu menghafal 1 sampai 5 halaman, dan bahkan ada juga yang hanya mampu menghafal 1 ayat.

Akan tetapi bukan berarti orang yang hanya mampu menghafal 1 ayat perhari (daya menghafal yang lemah) lalu merasa minder, dan akhirnya berputus asa. Karena otak/akal kita ini ibarat pisau. Apabila pisau hanya terus dipakai tapi jarang kita asah, maka pisau akan tumpul. Asah lah terus pisau itu agar selalu tajam!

Begitu pula dengan otak kita, harus selalu kita asah. Yaitu, dengan kita terus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, dan berdoa kepada Allah, agar Allah mudahkan kita dalam menghafal Al-Qur`an dan menuntut ilmu.

Adapun doa, maka di bawah ini saya mengutip tulisan Habib Hasan Bin Abdullah Asy-Syathiri Rahimahullah Ta'ala dalam kitabnya Amalul Yaumi Wallailah (Amalan Siang dan Malam).

* * *

وَلْيَكُنْ مِنْ دُعَائِكَ :

« اللهم ارْزُقْنِي فَهْمَ النَّبِيِّينَ ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِينَ ، وَسُرْعَةَ إِلْهَامِ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِينَ . اللهم أَغْنِنِي بِالْعِلْمِ ، وَزَيِّنِّي بِالْحِلْمِ ، وَأَكْرِمْنِي بِالتَّقْوَى ، وَجَمِّلْنِي بِالْعَافِيَةِ ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ. »

فإِنَّهُ دُعاءٌ جامِعٌ ،  وَمِمَّا يُوصِي بِهِ السَّلَفُ .

وَمِنْ فَوائِدِ هذَا الدُّعاءِ. .  أَنَّهُ يُقْرَأُ قَبْلَ الحِفْظِ ، وقَبْلَ الدَّرْسِ (ثلاثاً) ،  وبَعْدَ الحِفْظِ وبَعْدَ الدَّرسِ (ثلاثاً)  فإِنَّهُ مُعِينٌ لِتَسْهِيلِ الحِفْظِ

* * *

TERJEMAH:

Dan hendaklah doa ini bagian dari doa-doamu:

« اللهم ارْزُقْنِي فَهْمَ النَّبِيِّينَ ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِينَ ، وَسُرْعَةَ إِلْهَامِ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِينَ . اللهم أَغْنِنِي بِالْعِلْمِ ، وَزَيِّنِّي بِالْحِلْمِ ، وَأَكْرِمْنِي بِالتَّقْوَى ، وَجَمِّلْنِي بِالْعَافِيَةِ ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ . »
“Ya Allah, karuniakan ku pemahaman para Nabi, ingatan para Rasul, dan cepatnya pengilhaman para Malaikat Muqarrabin. Ya Allah, perkayalah aku dengan ilmu, hiasilah aku dengan sifat rendah hati, muliakanlah aku dengan ketakwaan, dan baguskanlah aku dengan kesejahteraan, Wahai yang Maha Penyayang dari sekian penyayang.”

Karena sesungguhnya doa ini mencakup keseluruhan, dan diwasiatkan oleh banyak para Salafus Shalih terdahulu.

Doa ini dibaca 3 kali sebelum menghafal dan belajar, dan 3 kali setelah menghafal dan belajar, karena di antara faidahnya adalah: membantumu mudah dalam menghafal!

Wallahu A’lam Bisshawab...

Umar Abdul Aziz
Umar Abdul Aziz Hanya seorang Bloger biasa yang fakir ilmu. Alumni Ponpes Ma’had El-Wihdah, dan sekarang mengabdi di Ponpes Markaz Syariah

Posting Komentar untuk "Memperkuat Daya Ingatan dan Hafalan"

UmarHuseini
Ahlan Wa Sahlan! Selamat Datang di Blog Saya! Setelah membaca postingan saya, saya harap anda meninggalkan jejak dengan memberi komentar dan masukan. Syukran...
TUTUP